Aku tanya ke temen2 yg udah nikah, yang paling ribet apaa?? jawabannya sama lhoo... ngurus surat2... hohoho...
surat2 apaan sih??
jadi, kalo mau nikah, kita kudu ngurus surat2 mulai dari tingkat RT sampai catatan sipil.
Aku warga solo, sedangkan mamas warga sukoharjo, walaupun rumah kami deket, tapi tetep aja kami dari kota yang berbeda.. hehehe. Kalau dari kota yg berbeda gini, ntar salah satunya numpang nikah di kota yg satunya. Biasanya cowok yg numpang nikah di kota yg cewek,(biasanya ato memang seharusnya ya?? ga tau jugaa... hehehe)
Aku awalnya tanya2 ke mas yo yg ada di sekretariat gereja, surat2nya gmana?? cara ngurusnya gimana?? Trus aku dikasih kertas yg isinya daftar surat2 yg dibutuhkan. Tapi di situ ga komplit, cuma garis besarnya kita kudu nyiapin apa. Tapi mas Yo baik orangnya, aku dikasih tau, yang paling penting nama di akte kelahiran, KK, KTP kudu sama, mulai dari huruf, spasi, jika ada tanda baca, sampai penulisan gelar. Selain itu isi KTP n KK kudu sama.
Ternyata nama bapakku di akteku ga sama dengan yg di KK dan KTP bapak. Di akte kelahiranku, nama bapak tanpa gelar, sedangkan di KK dan KTP bapak, pakai gelar. Nah lo nah loo... kudu gmana?? ternyata bisa diurus di kelurahan. pilihannya cuma 2, mau ngrubah akte atau ngrubah KTP+KK?? karna kalo ngrubah akte so rumit (yaeyalah rumit, kalo ngrubah akte kudu ngurus ijazah sekolah juga, mulai ijazah n rapor TK samapi Kuliah... ya kan ya kan... puyeng kan) Jadi aku milih buat ngrubah KK n KTP bapak. Pertamanya, kita lapor ke kelurahan, kalo kita mau menghapus gelar di KTP n KK (jangan lupa dibawa, KTP n KK nya). Ntar di kelurahan dibikinin surat buat diterusin ke kecamatan. Di kecamatan suruh ninggal, seminggu kemudian baru jadi.
Semua berkas2 dasarku n mas adam kukumpulin jadi satu, buat dichek mas yo.
berkas dasar tu apaan sih??
ada KTP (capeng + orang tua),KK, akte kelahiran, kalo di gereja butuh surat baptis juga.
abis itu aku dikasih mas yp formulir2 gitu. Kalo nikah di gereja, ada tambahan berkas2 : Surat keterangan Belum Menikah, Surat Ijin Orang tua. Kalau kamu ngurusnya langsung ke kelurahan, berkas2 ini ga dikasih, kita diminta ambil sendiri ke catatan sipil, dan ga bisa diwakilkan (katanya sih gitu).
Trus jangan lupa, yg pertama itu kudu tetep ke pak RT, jangan sombong, langsung ke kelurahan. Ntar dikelurahan pasti ditanyain "surat pengantar dari RT nya mana??" nah lo nah looo.. daripada disuruh pulang, ga dikasih apa2, mending ke RT dulu aja,, Pak RT pasti deket rumah kan, mampir skalian.
surat2 apaan sih??
jadi, kalo mau nikah, kita kudu ngurus surat2 mulai dari tingkat RT sampai catatan sipil.
Aku warga solo, sedangkan mamas warga sukoharjo, walaupun rumah kami deket, tapi tetep aja kami dari kota yang berbeda.. hehehe. Kalau dari kota yg berbeda gini, ntar salah satunya numpang nikah di kota yg satunya. Biasanya cowok yg numpang nikah di kota yg cewek,(biasanya ato memang seharusnya ya?? ga tau jugaa... hehehe)
Aku awalnya tanya2 ke mas yo yg ada di sekretariat gereja, surat2nya gmana?? cara ngurusnya gimana?? Trus aku dikasih kertas yg isinya daftar surat2 yg dibutuhkan. Tapi di situ ga komplit, cuma garis besarnya kita kudu nyiapin apa. Tapi mas Yo baik orangnya, aku dikasih tau, yang paling penting nama di akte kelahiran, KK, KTP kudu sama, mulai dari huruf, spasi, jika ada tanda baca, sampai penulisan gelar. Selain itu isi KTP n KK kudu sama.
Ternyata nama bapakku di akteku ga sama dengan yg di KK dan KTP bapak. Di akte kelahiranku, nama bapak tanpa gelar, sedangkan di KK dan KTP bapak, pakai gelar. Nah lo nah loo... kudu gmana?? ternyata bisa diurus di kelurahan. pilihannya cuma 2, mau ngrubah akte atau ngrubah KTP+KK?? karna kalo ngrubah akte so rumit (yaeyalah rumit, kalo ngrubah akte kudu ngurus ijazah sekolah juga, mulai ijazah n rapor TK samapi Kuliah... ya kan ya kan... puyeng kan) Jadi aku milih buat ngrubah KK n KTP bapak. Pertamanya, kita lapor ke kelurahan, kalo kita mau menghapus gelar di KTP n KK (jangan lupa dibawa, KTP n KK nya). Ntar di kelurahan dibikinin surat buat diterusin ke kecamatan. Di kecamatan suruh ninggal, seminggu kemudian baru jadi.
Semua berkas2 dasarku n mas adam kukumpulin jadi satu, buat dichek mas yo.
berkas dasar tu apaan sih??
ada KTP (capeng + orang tua),KK, akte kelahiran, kalo di gereja butuh surat baptis juga.
abis itu aku dikasih mas yp formulir2 gitu. Kalo nikah di gereja, ada tambahan berkas2 : Surat keterangan Belum Menikah, Surat Ijin Orang tua. Kalau kamu ngurusnya langsung ke kelurahan, berkas2 ini ga dikasih, kita diminta ambil sendiri ke catatan sipil, dan ga bisa diwakilkan (katanya sih gitu).
Trus jangan lupa, yg pertama itu kudu tetep ke pak RT, jangan sombong, langsung ke kelurahan. Ntar dikelurahan pasti ditanyain "surat pengantar dari RT nya mana??" nah lo nah looo.. daripada disuruh pulang, ga dikasih apa2, mending ke RT dulu aja,, Pak RT pasti deket rumah kan, mampir skalian.
Kalau kalian berasal dari kota yang berbeda, lebih baik selesaiin dulu dari pihak pria, sampai mendapatkan surat rekomendasi dari capil nya pria (capil apaan sih?? catatan sipil booo). Setealh dari pihak pria selesai mulailah perjalananku ngurus surat surat dan surat.. hohoho. oiya, pas mas adam ngurus surat2, kan dapet form N1-N4 lha itu di seluruh Indonesia sama form nya, jadi pas mas adam dapet, aku dicopiin, jadi pas aku ngurus ke kelurahan surat2ku udah komplit.
kok bisa udah komplit?? hihihi, aku curi start
- KTP n KK kudu legalisir kepala kelurahan, kecamatan, n catatan sipil
- akte kelahiran legalisir catatan sipil dimana akte tersebut diterbitkan. jadi kalo kamu skarang di solo, akte diterbitkan di balikpapan, ya yg legalisir kudu catatan sipil balikpapan
- N1-N4 dah dapet dari mas adam
- surat ijin orang tua dan surat keterangan belum menikah udah dapet dari gereja.
jadi waktu ngurus ke kelurahan udah komplit berkas2nya. Trus dapet surat pengantar buat imunasi TT dan surat pengantar buat kecamatan. Ternyata imunisasi TT bisa hari sabtu, jadi aku pilih hari sabtu aja, biar ga usah ijin dari kantor. Ntar setelah dapet surat keterangan kalo udah imunisasi TT, dijadiin satu ama berkas2nya. njuk dibawa ke kecamatan. Harusnya abisa itu kita daftar ke capil, tapi dari pihak gereja yg akan ngurusin ke capil, tentunya dengan surat kuasa dari kita, tanda tangan di atas meterai (surat kuasa nya pun udah disiapin gereja).
Kalau tau langkah2nya kita ga bakal ngrasa ribet.. tapi karna kmrn aku blm punya panduan yg jelas, jadi yo pakai bolak balik ke kelurahan, untung rumahku n kantor kelurahan deket.
Smangat ya temen2 calon pengantin!!!
- ayu -
No comments:
Post a Comment